Fitur iPhone yang Meniru Smartphone Android - Arlina Tech

Fitur iPhone yang Meniru Smartphone Android

Fitur iPhone yang Meniru Smartphone Android

Fitur iPhone yang Meniru Smartphone Android - Apple resmi memperkenalkan iPhone X yang digadang-gadang sebagai iPhone dengan fitur dan teknologi terbaik yang pernah ada. Tentu saja iPhone X adalah iPhone terbaik jika dibandingkan dengan iPhone lain. Namun bagaimana dengan smartphone lain, misalnya smartphone Android?

Fitur iPhone yang Meniru Smartphone Android

Banyak orang yang beranggapan bahwa Apple sudah minim inovasi. Hal ini tercermin dengan tidak terlalu banyaknya inovasi baru di iPhone X. Banyak fitur iPhone X yang sudah diimplementasikan di smartphone Android.

Lalu apakah benar iPhone X meniru smartphone Android dalam segala hal? Setidaknya ada 9 fitur iPhone X yang dianggap meniru dan mencontek Android. Apa sajakah itu?

Face Scanner


Face Scanner

Fitur pemindai wajah sudah diimplementasikan di smartphone Android sebelumnya. Beberapa contohnya adalah Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus yang resmi dirilis pada bulan Maret 2017 lalu.

Meskipun demikian, teknologi face scanning milik Apple harusnya lebih maju karena didukung oleh perusahaan keamanan biometrik RealFace, namun kemampuan fitur ini dalam mengenali wajah masih harus diuji.

Desain Kaca


Desain Kaca

Siapa sih yang tidak kenal dengan desain body yang terbuat dari kaca? Ya, sudah ada beberapa smartphone Android premium yang sudah menggunakan desain kaca mirip iPhone X ini, seperti Android LG G6 dan beberapa Samsung Galaxy.

Namun keputusan Apple ini dinilai masih masuk akal dan tidak asal meniru, karena desain kaca di iPhone 8 dan iPhone X ini bukan cuma untuk keperluan keindahan dan estetika saja, namun juga untuk mendukung teknologi wireless charging.

Wireless Charging


Wireless Charging

Siapa yang tidak kenal dengan fitur yang satu ini? Sudah bukan barang mewah lagi fitur pengisian daya nirkabel berada di dalam smartphone. Bahkan tidak menutup kemungkinan smartphone dengan harga terjangkau sekarang ini sudah punya fitur wireless charging.

Untuk yang satu ini, Apple bisa dibilang sangat terlambat. Oleh karena itu, Apple dinilai meniru smartphone Android ketika fitur wireless charging diperkenalkan di iPhone 8 dan iPhone X beberapa waktu lalu.

Layar Tanpa Bezel


Layar Tanpa Bezel

Desain layar tanpa bezel sudah cukup populer beberapa tahun yang lalu di kalangan smartphone premium. Hanya saja, Apple tidak pernah mau merilis seri iPhone apapun dengan desain tanpa bezel.

Meskipun iPhone X masih menyisakan bezel yang sangat tipis sekali, namun Apple dinilai banyak pihak sudah menjiplak desain ini untuk diterapkan ke dalam iPhone X. Apakah setelah iPhone X, Apple akan merilis iPhone tanpa bezel lagi?

Layar OLED


Layar OLED

Layar OLED di smartphone bukanlah barang baru. OLED memiliki kelebihan dalam hal efisiensi sumber daya baterai, namun dianggap maslih punya kekurangan dalam hal kecerahan dan ketajaman.

Namun Apple merilis layar OLED tersebut dengan didampingi teknologi Super Retina Display, sehingga semua kelebihan dari Retina Display tersebut bisa menutupi kekurangan dari layar OLED itu sendiri.

Teknologi Augmented Reality


Teknologi Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang masih relatif baru di dunia smartphone. Namun Lenovo (Phab 2 Pro) dan Asus (ZenFone AR) sudah mulai memberikan fitur AR ke konsumen mainstream.

Apple sempat menunjukkan teknologi AR pada konferensi WWDC 2017. Dari pada Virtual Reality, Apple lebih tertarik pada AR yang menggabungkan aneka grafis dan informasi komputer dengan dunia nyata.

Kamera Ganda


Kamera Ganda

Pada April 2014, HTC One M8 memperkenalkan smartphone dengan dua kamera yang bisa memberikan efek latar belakang yang buram layaknya DSLR. Sejak itu mulai banyak smartphone dengan lensa kamera ganda.

Apple pertama kali merilis iPhone dengan lensa ganda ini pada iPhone 7 Plus dan terus digunakan hingga iPhone 8 Plus dan iPhone X. Kemampuan kamera di iPhone ini juga memungkinkan pengguna mengambil foto dengan efek background buram layaknya kamera DSLR.

Tanpa Tombol Home


Tanpa Tombol Home

Tombol Home adalah salah satu ikon dari iPhone sejak pertama kali dirilis. Ya, layar lebar dengan hanya menyisakan satu tombol saja sudah menjadi ciri khas iPhone. Hal ini menyebabkan iPhone menjadi terlihat sangat sederhana dan mudah digunakan.

Namun smartphone Android juga semakin berbenah dan hingga akhirnya muncul smartphone yang benar-benar tidak memiliki tombol di bagian depan. Kali ini, iPhone X hadir dengan tampilan berbeda, menghilangkan tombol Home.

Bagaimana menurutmu? Ada fitur Android lagi yang ditiru oleh Apple di iPhone?
Please write your comments