Jenis Bootloop di Smartphone Android - Arlina Tech

Jenis Bootloop di Smartphone Android

Jenis Bootloop di Smartphone Android

Apa itu bootloop? Bootloop adalah dimana sistem Android tidak bisa melakukan booting atau start upsehingga kita tidak dapat mengakses menu utama. Dalam Android ada 3 jenis bootloop yaitu Android Light Bootloop, Medium bootloop dan hard bootloop.

Jenis Bootloop di Smartphone Android

Saat Anda tidak dapat menyalakan smartphone dan tidak dapat masuk ke menu handphone tetapi hanya berhenti di logo merk smartphone Anda berarti smartphone Anda sedang mengalami bootloop.

Kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda apa saja jenis jenis bootloop dan cara mengatasi setiap jenis jenis bootloop. Berikut ini caranya

1. Android Light Bootloop


Jenis bootloop ini adalah jenis bootloop yang mudah untuk diatasi. Light bootloop ini disebabkan karena menggunakan hp melebihi batas pemakaian normal, menginstal aplikasi yang tidak aman atau bermain game.

Saat melakukan salah satu dari 3 penyebab itu maka tiba tiba hp akan melakukan restart dan tiba tiba berhenti di logo.

Cara mengatasinya pun sangat mudah, kita hanya perlu melepas baterai hp kita setelah itu pasang dan nyalakan kembali

2. Android Medium Bootloop


Jenis bootloop ini merupakan jenis bootloop yang menengah. Penyebabnya adalah karena pengguna mengotak atik hp dan ternyata ada kesalahan dalam memasang setelah kita mengotak atiknya. Hp yang mengalami bootloop ini masih bisa dinyalakan walaupun masuk ke recovery mode.

Cara mengatasinya sebelum Anda mengotak atik hp Anda sebaiknya Anda melakukan backup data terlebih dahulu supaya Anda dapat melakukan restore

3. Android Hard Bootloop


Jenis bootloop ini adalah jenis yang paling berbahaya. Bootloop ini hp kita ketika dinyalakan hanya sampai logo merk hp yang Anda punya bahkan kadang kita tidak dapat menyalakan hp kita. Bootloop ini kita hanya bisa masuk ke dalam Download Mode.

Cara mengatasinya Anda dapat melakukan factory reset tetapi jika Anda tidak ingin kehilangan data Anda yang penting sebaiknya Anda bawa hp Anda ke service center untuk diperbaiki

Itulah jenis jenis bootloop dan cara mengatasi bootloop yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat
Please write your comments