Saat membaca-baca atau diskusi dengan teman, mungkin ada beberapa istilah yang kurang kamu pahami.
Berikut ini saya akan coba beri keterangan tentang istilah tersebut. Kalau ada yang kurang benar tolong dikoreksi dan kalau ada istilah lain yang belum ditulis disini silahkan tulis di komentar agar file ini segera diupdate.
A
ADC (Attack Damage Carry) : Anggota tim yang damagenya besar di pertandingan
AFK (Away from Keyboard) : player yang meninggalkan pertandingan, hal ini ada yang disengaja dan tidak di sengaja. Bahkan jika yang terjadi adalah kesalahan teknis di luar kendali player tersebut pun (misal: terjadi gangguan jaringan), maka player tersebut tetap disebut AFK.
AFK(2) (Away from Kasihsayang) : Jones
AI: Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan), lebih dikenal sebagai komputer. Misal, mode Human VS AI = mode manusia VS komputer. Dan saat lu AFK, biasanya hero lu diambil alih oleh komputer.
Assist: Saat temen kamu dapet kill, dan kamu berpartisipasi dalam kill tersebut, maka kamu akan dapet point assist.
B
Bot : Bottom Lane, Jalur Bawah.
Buta Map: Adalah istilah untuk orang yang jarang ngecek map di game. Sibuk war/kill/jungling, sementara tower ga kejaga dengan baik.
C
Carry: Carry adalah ADC
CD (CoolDown) : Waktu yang diperlukan agar skill/efekfasilitas tertentu bisa digunakan kembali.
CDR: Cooldown Reduction, Penurunan Cooldown
CN (Change Name/Change Nick): Ganti nama, untuk mengganti nama di Mobile Legends perlu item Change Name.
Crit/Critical attack: Serangan Critical, di banyak game critical attack itu adalah damage ekstra, jadi gini misal attack normal adalah 100, kemudian critical attacknya 50% dari damage normal, maka saat critical attack damagenya jadi 150
D
Disable: Yaitu kemampuan hero untuk mendisable (membuat lawan tidak dapat melakukan apapun), seperti stun, polimorph, airborne.
DPS: Damage Per Second, yaitu Damage rata-rata yang dihasilkan tiap detiknya.
E
Early Game: Awal-awal pertandingan dimulai, saat level masih pada kecil dan gears belum pada jadi.
F
Feed/Feeder: Adalah istilah untuk anggota yang terlalu sering mati di game. Ini merugikan tim karena tim lawan mendapat skor, exp, dan gold tiap anggota ada yang terbunuh. Anggota tim dikatakan bisa dikatakan feeder jika jumlah deathnya diatas 40% dari jumlah total death tim, dan kill maupun assistnya dibawah rata-rata. Jika anggota tim kalian ada yang seperti ini, jangan semerta-merta diflame/dibacotin, kasih arahan atau suruh support malah lebih baik.
Fountain : Ini adalah tempat buat ngisi Darah dan Mana ketika sudah mau habis. Bianya didatangi via teleport.
G
Gears: Gears merupakan peralatan yang disiapkan untuk hero. Gears antara lain adalah, senjata, armor, sepatu, dan magic. Tiap hero bisa mengatur equip set kesukaannya. Tiap set gears terdiri atas 6 gear.
GG: Singkatan dari Good Game, yaitu permainan yang bagus, kalau mengacu ke seseorang berarti orang tersebut mainnya jago. Jika mengacu pada suatu hero atau item, maka hero atau item tersebut bagus.
GGWP: Good Game Well Played. Biasanya diucapkan kalau gamenya seru dan kamu mainnya bagus.
H
Harass: Mancing lawan buat nyerang kamu, biasanya dengan attack berjarak.
I
IGN (In Game Name): Nama atau Nick yang Anda gunakan di dalam game (nama character).
Imba: Imbalance, Tidak Imbang, biasanya merujuk ke kata-kata Terlalu Kuat, misal; Moskov Imba banget bisa Stun 2 detik, yah you know lah maksudnya tentu saja itu terlalu kuat.
J
Jungling: Kill monster di jungle buat leveling dan cari gold.
K
KDA (Kill, Death, Assist) : Merupakan rasio (perbandingan) dari Kill, Death dan Assist selama pertandingan. Rumusnya adalah (KILL + ASSIST) : (DEATH+1). Misal Kill lu 10, Assist lu 5 dan Death lu 2, maka ngitungnya (10+5) : (2+1) = 15 : 3 = 5, jadi KDA lu adalah 5 di pertandingan tersebut.
Kill : akan mencetak 1 skor di pertandingan, kill didapat oleh yang melakukan last hit pada yang dikill. Jadi walaupun temenlu ngasih 90% damage, dan 10% last hitnya elu yang lakukan, maka kill tersebut jadi milik elu. (Seksi KDA ini telah diralat dari tulisan saya sebelumnya).
CMIIW (Tolong benerin ya kalau gw salah)
Catatan: Rumus untuk menghitung KDA berbeda dengan rumus untuk menghitung MVP
KS (Kill Steal) : Saat elu capek-capek gebukin musuh dan kemudian tetiba temenlu dateng buat last hit, maka disitulah lu kena KS, wkwkwk. Namun ini adalah MOBA games, sudah sewayahnya seperti itu, saling bantu dalam ngancurin musuh. Kalo lu masih mikirin KS atau bahkan sampai ngetik di chat, sebaiknya mulai sekarang maklumi hal tersebut. Game Barbie tuh bro ga ada KS KSnya.
L
Late Game: Ini adalah ketika level sudah pada tinggi dan item sudah pada jadi.
LifeSteal: Efek untuk menghisap darah target dan menjadikannya darah kita. Efek ini ada pada beberapa gears seperti Tooth of Greed, Endless Battle, sama pedang item itu gw lupa namanya. Ada juga hero yang punya Efek lifesteal seperti Alucard, Ruby dan Alice.
Lord: Salah satu Jungle Monster di Mobile Legends, jika dikill maka ia akan ngebantu kita menghancurkan base lawan.
M
Mabar (Main Bareng): Main bareng temen. Bisa juga dibilang Party.
Magic Penetration: Item/efek yang digunakan untuk menembus pertahanan magic (magic resistance) lawan.
Magic Resistance: Pertahanan terhadap serangan magic.
Mid : Middle Lane, Jalur tengah
MM: Marksman
MVP: Most Valuable Player, Pemain paling berpengaruh (secara kalkulasi).
N
Nerf: Penurunan skill/efek/kemampuan/CD skill, dan semacamnya. Ada juga yang nyebut Nerf itu Negative Reformation.
Noob (Newbie): Pemula
Nyampah: Ini semacam Kill Steal, yaitu tinggal ngekill saat darah musuh sudah tipis.
O
OP (OverPower): Terlalu kuat.
Open War: Ini adalah istilah saat ada pengguna yang pertama kali berinisiasi untuk ngebuka war. Open war biasanya dilakukan oleh role rank dan intiator.
P
Physical Penetration: adalah Item/efek untuk mempermudah masuknya serangan fisik terhadap lawan yang memiliki armor seperti misalnya tank. Role lainnya juga biasanya memiliki setidaknya 1 armor saat late game.
Poke: serangan kecil ke musuh, biasanya bertujuan untuk mencicil darahnya.
R
Report: misal ada yang bilang report Karina, maka orang tersebut meminta kita untuk melaporkan si Karina karena kesalahan tertentu.
Revamp: adalah kebalikan dari Nerf, yaitu memperbaiki/memperkuat hero/item.
Roam/Roaming: Ini adalah istilah untuk berpindah-pindah lane. User yang suka roaming biasanya pengguna Assassin seperti Natalia dan Alucard. Roaming sendiri biasanya bertujuan buat ngebantu tim ngekill penjaga tower lawan.
Role: Peranan Hero. misal; support, fighter, marksman, dlsb.
S
Solo Mid : di Jalur tengah sendirian
Spell : Merupakan beberapa macam kemampuan yang dapat kamu pilih sebelum battle. Yang antara lain buat nambah damage, nambah kecepatan, nge-stun musuh, non-aktifkan tower lawan, dan lain sebagainya.
SPELLVAMP: SpellVamp itu mirip dengan lifesteal, Dengan spell vamp, kita bisa nambah HP dari skill yang kita pakai jika mengenai lawan, dari skill lho ya bukan dari attack biasa.
SS (ScreenShot): gambar hasil tangkapan layar di HP/Gadget kamu.
Stun : efek yang membuat terget tidak bisa melakukan apapun (termasuk skill dan kemampuan lainnya). Efek ini dapat dihilangkan dengan Spell Purify.
T
Taunt: Yaitu kemampuan untuk membuat siapapun yang terkena efek ini mengincar kamu, ini ada di Gatotkaca, bagus buat MM/Mage/Healer kita agar tidak diincar lawan.
Teleport: Menu untuk balik ke fountain secara cepat. Jadi lu ga perlu capek-capek jalan kaki kalo lokasi lu jauh.
Tier: Divisi kamu dalam ranked game, misalnya Master/GM/Epic
Top : Top lane, Jalur atas
Turtle: Penyu: Salah satu jungle monster, jika dikill maka semua anggota tim kebagian exp dan gold.
U
Ulti (Ultimate): Skill ke 3, dikatakan Ulti karena kebanyakan Ulti adalah skill Andalan.
W
WR: Winrate, persentase rasio kemenangan (bisa hero tertentu, bisa keseluruhan match)
Istilah Khusus build hero (Credit to Indra Setiawan)
Hero Builds berkaitan dengan Equipment yang dipakai Hero agar buff yang diinginkan bisa kita gunakan secara maksimal saat bertarung melawan musuh.
Ada beberapa istilah builds yang perlu diketahui yakni:
AS (Attack Speed) Build – Meningkatkan kecepatan serang Hero per detik.
AD (Attack Damage) Build – Meningkatkan besaran damage per serangan.
AP (Ability Power) Build – Meningkatkan besaran damage dari Ability yang dimiliki Hero.
Tank Build – Meningkatkan Durability (HP) Hero
Team Buff Build – Meningkatkan besaran buff yang bisa anda bagikan ke kawan-kawan seperjuangan anda
Jungle Build – Mempermudah melawan monster di map