Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android - Arlina Tech

Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android

Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. NFC ini merupakan konektivitas yang berfungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat tersebut. Jarak dua perangkat tersebut tidak berjauhan umumnya hanya beberapa sentimeter saja.

Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android

Contohnya HP dengan NFC akan menstransfer data berupa kontak, gambar, video ke HP lain yang juga punya NFC. Cara kerjanya mirip dengan bluetooth. Hanya saja transfer menggunakan NFC lebih lancar dan terbebas dari gangguan.

NFC bukan hanya digunakan untuk transfer data antar HP yang sudah memiliki NFC. NFC pada HP juga bisa berfungsi sebagai alat pembayaran, memindahkan jumlah saldo kartu e-money, akses gerbang kereta atau transportasi, dan sebagainya.

HP dengan NFC sudah banyak beredar. Umumnya HP dengan NFC ini ada di kelas smartphone menengah sampai flagship. Untuk kelas flagship, rasanya sudah hampir semua HP kelas atas punya fitur ini. Sementara untuk kelas menengah, beragam, ada yang sudah mendukung fitur NFC, ada juga yang sudah memasukan fitur NFC.

Ngomong-ngomong soal NFC, artikel berikut hanya berlaku untuk Anda yang sudah punya HP dengan fitur NFC. Mengapa? Karena pada kesempatan kali ini Tech Arlina akan membahas tentang cara mengaktifkan NFC di HP Android.

Untuk mengetahui apakah HP Anda mendukung NFC atau tidak, Anda bisa cek bagian belakang HP. Pada beberapa seri HP, tulisan NFC akan muncul pada bagian tempat menyimpan baterai. Seri Sony Xperia umumnya memiliki huruf “N” di bodi belakang ponsel yang menyatakan HP tersebut sudah mendukung NFC.

Kalau tidak ada, bisa cek spesifikasi HP dari situs tempat HP Anda diproduksi, jika ada dukungan terhadap NFC berarti HP mendukung NFC. Cara mengaktifkan NFC sendiri ada 2 cara. Berikut penjelasannya

1. Cek di Pengaturan


Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android

Untuk mengaktifkan NFC di Android, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke bagian “settings” atau “pengaturan.”
  2. Pilih “more settings” atau “pengaturan lainnya.”
  3. Di bagian “pengaturan lainnya”, Anda akan melihat pilihan “NFC.”
  4. Pada beberapa HP Android, pilihan NFC ini ada di bagian “pengaturan jaringan” atau “networks.”
  5. Masuk ke bagian “berbagi & hubungkan” atau “share & connect.”
  6. Aktifkan NFC dengan cara menggeser ke posisi “on.”

2. Aktifkan pada Shortcut


Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android

Cara kedua adalah dengan langsung menyalakan NFC pada shortcut yang ada di bagian atas, satu posisi dengan pengaturan untuk menyalakan “mobile data”, “buetooth”, dan “Wifi”, dan lainnya. Caranya dengan melakukan swipe ke bawah dan menemukan menu NFC.
Please write your comments