macOS High Sierra Dirilis 25 September - Arlina Tech

macOS High Sierra Dirilis 25 September

macOS High Sierra Dirilis 25 September

macOS High Sierra Dirilis 25 September - Semalam Apple baru saja mengadakan event besar yang mengumumkan 3 iPhone baru (iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X), Apple Watch 3, serta Apple TV yang mendukung streaming 4K dan HDR. Setelah itu seperti biasa, Apple langsung merilis Golden Master (GM) dari iOS 11, watchOS 4, hingga tvOS 11.

macOS High Sierra Dirilis 25 September

Cukup unik memang, tetapi di event tersebut tanggal perilisan macOS High Sierra rasanya terlewat dari daftar pembahasan, padahal tanggal perilisan ketiga OS lainnya sudah diumumkan hadir pada 19 September nanti.

Tanggal Perilisan macOS High Sierra


Tetapi tanpa menunggu waktu lama, Apple langsung mengupdate tanggal rilis macOS High Sierra di halaman web officialnya dan menuliskan bahwa tanggal perilisan macOS High Sierra akan jatuh pada 25 September 2017.

macOS High Sierra Dirilis 25 September

Dari sekian banyak fitur baru di macOS High Sierra seperti update mayor di aplikasi Photos, standar baru kompresi video H.265, serta teknologi Metal 2, fitur kunci yang utama adalah digunakannya Apple File System (APFS) yang dibuat khusus untuk teknologi terbaru saat ini. APFS teroptimasi untuk flash-based storage dan arsitektur 64-bit, membuat performa Mac bisa meningkat, lebih aman, dan lebih responsif. Bahkan duplikat folder / file besar bisa dilangsungkan secara instan!

Fitur Baru macOS High Sierra di Mac


macOS High Sierra Dirilis 25 September

Safari yang lebih cepat dan lebih pintar



High Sierra kini menambahkan fitur baru pada Safari sehingga bisa memblok otomatis autoplay dari sebuah website yang seringkali memakan kuota. Jadi jika kamu tidak perlu lagi takut video ghaib yang muncul entah dari mana. Selain itu Safari kini bisa mencegah sebuah website melacak historymu. Sehingga ketika kamu meninggalkan website pelacak tidak akan bisa mengikutimu kemanapun.

Mail yang lebih baik


Safari yang lebih cepat dan lebih pintar

Aplikasi Mail kini mendapatkan pencarian yang lebih baik dengan Spotlight. Ketika kamu mencari sebuah komunikasi tertentu, Spotlight akan mengidentifikasi pilihan teratas. Selain itu ada pula jendela split-view untuk menuli email.

Update untuk Photos


Mail yang lebih baik

Aplikasi Photos kini mendapatkan perubahan besar untuk pengorganisasian, termasuk tampilan baru yang diurutkan secara kronologis berdasarkan kapan kamu mengimpor foto. Kamu juga memberikan filter pada foto seperti keyword, tipe media, tanggal dan masih banyak lagi. Teknologi pengenalan wajah juga semakin lebih baik di update kali ini, dan akan tersinkronisasi secara otomatis ke seluruh perangkatmu. Photos juga menghadirkan editing tool baru, termasuk curve, color, dan sinkronisasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Photoshop atau Affinity Photo.

File sistem baru



Akhirnya Apple melakukan move on dari HFS ke APFS (Apple File System). Dengan APFS, kamu bisa menggandakan file dengan sangat cepat. APFS bisa memanfaatkan SSD jauh lebih baik daripada HFS yang awalnya dikembangkan untuk teknologi harddisk. Selain itu file APFS juga memberikan instan direktori dan membantumu mengamankan file jika sewaktu-waktu Mac-mu mati.

Dukungan format video terbaru


File sistem baru

Selain file sistem, macOS High Sierra juga melakukan move on dari format video H264 ke H265. Format ini menawarkan kompresi grafis yang lebih baik hingga 40%. Di masa depan, H265 akan menjadi format default karena bisa memberikan kualitas 4K sebenarnya, namun dengan ukuran hampir sama dengan H264.

VR untuk Mac


VR untuk Mac

Apple memperbarui seluruh lini Mac di event ini sehingga memiliki performa yang lebih baik. API Metal 2 yang baru kini memiliki kualitas 10 kali lebih baik dan lebih cepat. Metal 2 juga telah mendukung kartu grafis eksternal yang mampu memberikan dukungan VR. Apple juga bekerja sama dengan Valve untuk membawa Steam VR ke Mac, eits tidak ketinggalan, Unreal Engine VR juga ikut menyusul ke Mac!

Nah demikianlah fitur baru macOS High Sierra yang diperkenalkan malam ini. Saya cukup puas karena Apple memilih terus memoles macOS jadi lebih baik daripada menguburnya dengan setumpuk fitur baru. macOS High Sierra tersedia untuk developer beta mulai hari ini, dan tersedia untuk publik musim gugur nanti. Sekali lagi, ini adalah versi paling awal jadi bisa jadi saat rilis publik nanti akan ada sedikit perubahan baru.

Untuk itu bagi kamu pengguna macOS, pastikan tidak melewatkan update macOS High Sierra yang dirilis pada 25 September 2017 nanti.
Please write your comments