Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis - Arlina Tech

Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis

Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis

Selain kapasitas baterai yang besar, efisiensi konsumsi daya baterai dari komponen hardware maupun software memiliki andil dari daya tahan baterai yang dapat dimiliki oleh HP atau smartphone. Tentunya hal ini akan berimbas dari kinerjanya dalam membantu aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Alasan Kenapa Baterai HP Cepat Habis

Namun tentu ketika daya baterai HP menjadi cepat habis dan boros akan membuat penggunanya menjadi risih karena harus membawa powerbank untuk mengecas daya baterai ketika bepergian atau mencari colokan terdekat agar energinya kembali. Bagi kamu yang penasaran mengenai daya baterai HP cepat habis ini maka dapat melihat alasannya sebagai berikut ini :

Banyak Widget berjalan


Widget merupakan salah satu tampilan yang bermanfaat dan biasanya hadir di homescreen. Widget ini biasanya meliputi kalender, jam, cuaca, slider foto, catatan, dan masih banyak lagi. Meskipun bermanfaat, namun apabila terlalu banyak widget yang berjalan di homescreen akan membuat daya baterai menjadi boros. Untuk gunakanlah widget yang penting dan hapuslah yang tidak diperlukan agar daya baterai menjadi hemat.

Banyak Aplikasi boros daya


Biasanya aplikasi jejaring sosial banyak memakan daya baterai atau boros karena banyak menjalankan banyak fungsi mulai dari data, lokasi, gambar, dan masih banyak lagi. Untuk itu sebaiknya, kamu dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang boros daya, seperti Facebook, Instagram, Path, BBM, dan masih banyak lagi.

Kecerahan layar tinggi


Biasanya apabila kondisi matahari sedang terik maka akan kecerahan layar akan diatur ke level yang paling tinggi. Selanjutnya, kamu akan lupa dengan pengaturan sehingga level kecerahan akan selalu dalam kondisi tinggi dan menyebabkan boros baterai.

Untuk itu, kamu dapat mengaturnya secara manual kepada level paling rendah. Sementara itu, apabila sudah masuk modus auto maka kamu dapat mematikannya dan mengaturnya ke level rendah karena biaanya modus auto sering melakukan pengaturan kecerahan tidak tepat. Selanjutnya, kamu juga dapat mengatur screen timeout agar layar dapat beristirahat dengan cepat ketika tidak digunakan.

Baterai kepanasan


Apabila baterai terkena suhu yang panas maka biasanya akan mengurangi kinerja baterai lebih cepat. Untuk itulah, kamu dapat menghindari smartphone atau HP berada di suhu panas, seperti sebelah laptop, dashboard mobil, cuaca di luar ruangan yang sedang panas, bahkan cas kelamaan sehingga menyebabkan panas yang tinggi. Untuk memaksimalkan umur baterai maka kamu dapat mengisi dayanya hingga 80 atau 90 persen.

Penggunaan charger palsu


Biasanya apabila daya baterai smartphone atau HP dicas menggunakan charger palsu akan menyebabkan terjadinya konslet, baik pada komponen hardware maupun port USB yang menghantar listrik. Untuk itu, kamu dapat menggunakan charger bawaan dari smartphone atau HP yang digunakan.

Jaringan tidak stabil


Biasanya apabila kamu berada di daerah yang jaringan yang tidak stabil, seperti 3G berpindah ke 4G atau sebaliknya akan menyebabkan smartphone atau HP membutuhkan energi yang besar sehingga ada baiknya menggunakan jaringan Wi-Fi yang tersedia. Selain itu, kamu dapat mematikan jaringannya sementara hingga mendapatkan tempat yang stabil.

GPS yang sering digunakan


GPS merupakan salah satu komponen penting yang dapat digunakan oleh smartphone atau HP untuk menentukan lokasi akurat bagi penggunanya. Namun GPS juga akan meminta energi dari baterai sehingga menjadi faktor cepatnya baterai boros. Untuk itu, matikan GPS apabila sedang tidak dibutuhkan.

Bug aplikasi atau sistem operasi


Biasanya ketika kamu melakukan update aplikasi atau sistem operasi pada versi tertentu maka terkadang malah terdapat bug dan ternyata membuat daya baterai menjadi cepat habis dan boros. Untuk itu, sebelum kamu melakukan update maka dapat melihat review dari pengguna lainnya agar aman. Namun apabila sudah terlanjur maka dapat melakukan downgrade.

Baterai sudah menurun kemampuannya


Apabila kamu telah menggunakan smartphone, baik 2 tahun atau 3 tahun maka baterai akan menurun kemampuannya karena berbagai faktor di atas terutama memang usianya yang sudah lama. Untuk itu, kamu dapat membeli baterai baru agar kondisinya prima kembali seperti baru.
Please write your comments