Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi - Arlina Tech

Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Kalau ada yang tanya kenapa Xiaomi terkenal? Jawaban mudahnya adalah hape Xiaomi umumnya memiliki nilai harga yang berimbang dengan spesifikasi yang ditawarkan. Xiaomi juga dikenal sebagai distributor ponsel cerdas terbesar ke-3 di Dunia.

Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Alasan lain juga karena ponsel ini memiliki bannyak kelebihan jika dibandingkan dengan produk dari vendor lain. Tapi Xiaomi juga bukan tanpa kekurangan. Perusahaan teknologi yang tergolong memiliki perkembangan yang cepat ini punya kelebihan dan kekurangan.

Tech Arlina akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan HP Xiaomi. Langsung cek poin pembahasannya berikut ini mulai dari kelebihan atau keunggulan dari HP Xiaomi berikut ini.

Kelebihan HP Xiaomi


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

1. Harga murah untuk spesifikasi yang ditawarkan


Ponsel besutan Xiaomi hampir semuanya ditawarkan dengan harga yang menarik. Atau bisa dikatakan harganya lebih murah dibanding ponsel dengan spesifikasi yang sama dari merek lain. Contohnya adalah Redmi 5A(Snapdragon 425, RAM 2GB, ROM 32GB) yang dijual secara flash sale dengan harga Rp999.000.

Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Dengan spesifikasi yang hampir mirip, vendor lain akan menjual dengan harga yang lebih tinggi. Dan Xiaomi melakukan hal ini sudah sejak lama. Mereka juga yang memopulerkan cara hungry marketing atau pemasaran yang tetap membuat orang penasaran dengan cara penjualan flashsale dalam jumlah barang terbatas.

Kenapa hp Xiaomi bisa murah juga lantaran pada awalnya, Xiaomi memang bertujuan menghadirkan hape pintar untuk global dengan segmentasi pasar menengah ke bawah. Alasan inilah yang membuat Xiaomi banyak digemari. Hal ini juga yang jadi landasan orang sebagai alasan memilih Xiaomi.

2. Dukungan komunitas yang kuat


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Harga hape Xiaomi yang cenderung murah membuat banyak orang akhirnya penasaran dan akhirnya berkembang mencintai vendor dari Tiongkok ini. Perkembangan pengguna yang banyak ini juga memunculkan komunitas yang kuat (Mi Fans).

Kehadiran komunitas yang kuat ini juga jadi salah satu strategi marketing Xiaomi. Xiaomi lebih memanjakan komunitas dibanding melakukan marketing di berbagai media. Contoh yang paling terlihat adalah izin diperbolehkannya melakukan root tanpa menghanguskan garansi.

Komunitas yang kuat semakin dimanjakan karena sering dilibatkan pada event peluncuran produk Xiaomi. Sudah sering, Xiaomi meluncurkan produk terbarunya di Indonesia dengan melibatkan Mi Fans. Mi Fans ini semakin kuat karena di tiap daerah juga bermunculan komunitas Mi Fans versi lokalnya.

3. MIUI


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Xiaomi bukan hanya memiliki fans untuk device yang mereka produksi tetapi juga lantaran MIUI. Bagi yang belum tahu, MIUI ini adalah firmware yang bisa dibilang sebagai OS yang berbasis Android. MIUI ini dikembangkan oleh Xiaomi yang pada awal kemunculannya (MIUI V1) dikembangkan berdasarkan sumber Android 2.2.X Froyo dan CyanogenMod 6.

Sebelum Xiaomi terkenal dengan produknya, MIUI ini lebih dikenal terlebih dulu. Banyak fans yang menyukai tampilan antarmuka MIUI sehingga komunitas MIUI juga berkembang pesat. Terlebih keitka MIUI jadi “sistem operasi” yang hadir di smartphone besutan Xiaomi, banyak orang menyukainya, termasuk orang yang tadinya tidak mengenal MIUI.

MIUI memiliki tampilan yang mirip dengan iOS punya Apple dan TouchWiz punya Samsung. MIUI ini juga memiliki berbagai aplikasi yang tidak tersedia dalam sistem operasi Android bawana. Karena tampilan MIUI jugalah ponsel Xiaomi semakin banyak disuka.

4. Hape yang diproduksi oleh perusahaan inovatif


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Xiaomi yang memiliki banyak gebrakan dalam perkembangan dunia teknologi, membuat perusahaan ini banyak dilirik dan dibicarakan. Tidak heran jika kemudian Xiaomi masuk ke dalam salah satu perusahaan paling inovatif tahun 2016 (posisi 35).

Xiaomi mampu mengungguli perusahaan besar semacam Dell, Honda, Intel, dan Huawei. Karena diakui sebagai perusahaan yang paling inovatif, dapat dikatakan produk dari Xiaomi(terutama hape pintar besutan Xiaomi) memiliki value yang lebih.

Diakuinya Xiaomi sebagai salah satu perusahaan paling inovatif jadi alasan lain yang membuat kenapa Xiaomi terkenal, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di dunia.

5. Desain HP Xiaomi umumnya elegan


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Hape yang diproduksi Xiaomi umumnya hadir dengan desain yang unik dan elegan. Xiaomi tidak mencoba meniru gaya desain hape mirip hape pintar terkemuka. Xiaomi juga hadir dengan desain khas mereka yang lebih elegan.

Desain yang unik nan elegan ini menjadikan ponsel besutan Xiaomi menjadi lebih mudah dikenali. Dan hal ini tentu menjadi kelebihan tersendiri dari ponsel-ponsel besutan Xiaomi.

Kekurangan HP Xiaomi


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Tentu saja tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitu juga dengan ponsel-ponsel besutan Xiaomi. Meski memiliki banyak keunggulan atau kelebihan, ponsel yang diproduksi Xiaomi memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Permasalahan hardware dan software


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Pada beberapa hp produksi Xiaomi, terdapat kekuarangan yang kecil tetapi cukup fatal. Misalnya kasus panas (overheat) pada Xiaomi Redmi 2. Ada juga kasus soal Xiaomi Mi A1, ponse pertama Xiaomi yang menggunakan stock Android.

Untuk kasus Xiaomi Mi A1, update Android Oreo ternyata memiliki bug. Sepertinya, hape Xiaomi memang lebih cocock menggunakan MIUI. Xiaomi Mi A1 juga sempat terkena isu soal jaringan sinyal yang kurang baik.

2. Banyaknya Xiaomi “distributor” yang bikin bingung awam


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Saking populernya Xiaomi dan banyaknya seri yang meluncur kadang membuat orang yang mau Xiaomi dibuat kebingungan. Terlebih tidak semua Xiaomi yang masuk ke Indonesia melalui jalur resmi.

Untuk diketahui, saking populernya hape Xiaomi, ada banyak tipe Xiaomi yang masuk ke Indonesia melalui jalur yang sering orang sebut sebagai garansi distributor. Xiaomi tipe ini biasanya hanya mendapatkan garansi dari distributor dan bukan dari Xiaomi Indonesia.

Xiaomi yang masuk resmi ke Indonesia harus melewati aturan TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) dan umumnya produknya diluncurkan secara resmi oleh Xiaomi Indonesia. Banyaknya produk ini akan membuat bingung dan bikin orang awam yang belum tahu kesulitan apakah hape Xiaomi tersebut bergaransi resmi atau disributor.

3. ROM abal-abal


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Hape Xiaomi biasanya menggunakan MIUI ROM khusus untuk negara mereka. Sebutannya umumnya ROM China karena menggunakan bahasa Mandarin dan tidak tersedia Google Playstore sehubungan dengan dilarangnya layanan Google di Tiongkok.

Selain ROM China, ada juga ROM Global yang biasanya Xiaomi gunakan khusus untuk ponsel mereka yang beredar di luar China, termasuk di Indonesia. Jika sebuah ponsel Xiaomi masuk ke Indoensia, untuk memenuhi aturan TKDN, biasanya ada aplikasi bawaan negeri sehingga ROM MIUI-nya terbilang resmi dan dapat update berkala.

Nah karena ada banyak ponsel Xiaomi yang tidak lolos TKDN, dan banyak distributor yang mendatangkan ponsel Xiaomi tidak jalur resmi, akhirnya muncul istilah ROM abal-abal. Sebutan ini berasal karena maraknya ROM MIUI yang memiliki banyak bug, seperti tidak mendapatkan update, munculnya iklan, baterai boros, dan aplikasi yang tidak berjalan.

Jika kita membei hape Xiaomi resmi, tentu kita akan terhindar dari ROM abal-abal. Jika lewat distrbutor, ada yang ROM abal-abal, banyak juga yang tidak. Tapi tidak sedikit yang membeli Xiaomi garansi distributor memakai ROM abal-abal. Dan ini tentunya menjadi nilai minus jika kita tidak teliti.

4. Build quality


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Memiliki desain yang cantik, MIUI yang keren, dan harga murah bukan sebuah jaminan ponsel Xiaomi tanpa kekurangan. Umumnya, ponsel Xiaomi itu kurang dalam hal build quality. Meski belakangan build quality hape Xiaomi semakin membaik, tapi masih ada beberapa tipe yang build quality­-nya kurang solid.

5. Harga jual kembali yang rendah


Kelebihan dan Kekurangan HP Xiaomi

Hape Xiaomi garansi resmi (umumnya garansi TAM) memiliki nilai jual kembali yang masih dibilang wajar. Harga jual kembali disini maksudnya adalah hape Xiaomi bekas. Penurunan hape Xiaomi bekas garansi resmi sekitar 30%.

Untuk Xiaomi garansi distributor, harganya terbilang jatuh mengingat banyaknya persoalan seperti terkait dukungan garansi dan soal ROM abal-abal. Bisa dibilang harga jualnya terlalu rendah untuk sebuah ponsel yang terbilang populer.

Dari pemaparan tersebut, sudah tahu bukan sekarang kelebihan dan kekurangan hp Xiaomi? Untuk kekurangan umumnya memang terjadi pada Xiaomi tipe garansi tidak resmi.
Please write your comments