Perlukah Antivirus di HP Android - Arlina Tech

Perlukah Antivirus di HP Android

Perlukah Antivirus di HP Android

Perlukah antivirus di hp android? Antivirus pada ponsel Android masih sering menjadi topik perdebatan di antara para pengguna ponsel Android. Sebenarnya perlukah antivirus untuk diinstal di ponsel Android anda? Berikut penjelasannya.

Apa itu Antivirus?


Antivirus adalah sebuah aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk menangkal berbagai virus yang beredar di jagat dunia maya. Virus, malware, adware dan spyware adalah beberapa jenis virus yang bisa menular di perangkat Android anda. Jika ponsel anda terjangkit dengan salah satu masalah ini maka kinerja dari ponsel Android anda juga akan menurun dan menjadi tidak optimal.

Perlukah Antivirus di HP Android

Manfaat Antivirus


Manfaat dari antivirus untuk ponsel Android adalah untuk menangkal berbagai virus yang dapat masuk ke ponsel Android anda. Beberapa virus yang dapat masuk ke ponsel Android adalah :

  • Virus
  • Spyware
  • Malware
  • Adware
  • Trojan


Perlukah Antivirus di HP Android?


Antivirus untuk ponsel Android masih menjadi perdebatan tersendiri di tengah para pengguna ponsel cerdas yang satu ini. Beberapa pakar mengatakan bahwa antivirus tidak perlu dan ada juga beberapa pihak yang menyatakan bahwa ponsel Android memerlukan antivirus. Sebenarnya semuanya tergantung dari anda sebagai pengguna ponsel Android, namun di bawah ini akan dijelaskan beberapa fakta mengenai antivirus Android yang ada saat ini.

  1. Saat ini virus Android sebenarnya belum ada dan belum berkembang.
  2. Android adalah sebuah sistem operasi yang menggunakan dasar sistem operasi Linux. Linux sendiri terkenal sebagai sistem operasi yang sulit untuk ditembus oleh virus.
  3. Aplikasi antivirus memakan kapasitas RAM yang cukup tinggi dan banyak sehingga cukup memberatkan ponsel Android anda.
  4. Virus Android memang belum ada, namun malware sekarang jumlahnya sudah sangat banyak di internet.

Dengan fakta-fakta ini maka bisa diambil kesimpulan bahwa antivirus untuk ponsel Android masih belum diperlukan, yang diperlukan adalah menghindari malware dengan mengikuti beberapa cara seperti yang dijelaskan di bawah ini.

  1. Hindari untuk mengunduh aplikasi aplikasi gratisan yang disediakan oleh situs situs yang tidak memiliki reputasi baik. Kemungkinan aplikasi yang ada pada situs situs tersebut telah disisipi malware yang akan mengganggu kinerja ponsel anda.
  2. Saat anda tengah berselancar internet hindari untuk mengklik iklan sembarangan. Iklan di internet kadang juga ada yang menularkan malware ke ponsel anda.
  3. Jangan asal menerima data dan melakukan koneksi melalui bluetooth dengan orang lain yang belum dikenal karena bisa saja ponsel anda disusupi malware.
  4. Instal aplikasi secukupnya dengan bijak sesuai dengan kebutuhan anda.
  5. Hanya unduh aplikasi melalui Play Store. Aplikasi yang ada di Play Store 100% aman dari malware yang dapat mengganggu ponsel anda.
Please write your comments