Cara Memperbaiki Tidak Cukup Tersedia Penyimpanan - Arlina Tech

Cara Memperbaiki Tidak Cukup Tersedia Penyimpanan

Cara Memperbaiki Tidak Cukup Tersedia Penyimpanan

Selalu ada saatnya bagi para pengguna Android akan kehabisan ruang dimemori internal. Sebagian besar Sebagian pengguna android menyimpan banyak file hasil download di memori internal android yang menyebabkan memeori internal penuh.

Cara Memperbaiki Tidak Cukup Tersedia Penyimpanan

Jika kamu mengalami kesalahan “Insufficient Storage”, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghemat ruang penyimpanan di Android.

Jika kamu memiliki cukup ruang kosong pada kartu SD kamu


Terkadang kamu akan mendapatkan kesalahan notifikasi Penyimpanan yang Tidak Cukup, bahkan jika kamu masih memiliki cukup ruang kosong di memori HP Android kamu. Jadi, sebelum kita memindahkan atau menghapus file, mari kita periksa ruang penyimapanan memori.

Berapa banyak ruang yang tersisa di kartu SD kamu?

Untuk memeriksa memori yang tersedia berikut caranya:

  • Buka Pengaturan > Penyimpanan.
  • Pada sebagian besar perangkat Android kamu akan melihat semacam indikator berapa banyak ruang memori yang kamu miliki di perangkat Android kamu.

Jika Kamu Yakin Kamu Memiliki Cukup Ruang Kosong Pada Penyimpanan Kartu SD Kamu, Baca Trik Dibawah Ini. Jika Tidak, Kamu Bisa Melewati Bagian Ini.

Sebelum membahas lebih lanjut, pastikan untuk melakukan reboot di perangkat Android terlebih dulu dan lihat apakah masalahnya hilang.

Beberapa kasus masalah Tidak Cukup Tersedia Penyimpanan ini diakibatkan dipenuhi oleh cache apa dari aplikasi pembersih memori atau yang sejenisnya, nah dengan melakukan rebbot maka akan menghapus file cache tersebut. Jika belum berhasil lanjut kelangkah berikutnya.

Perbaikan termudah untuk kesalahan Penyimpanan Tidak Cukup Tersedia sebenarnya adalah ini:

Copot aplikasi di android yang tidak terpakai


Aplikasi dan media menghabiskan sebagian besar ruang penyimpanan memori android. Perangkat Android rata-rata memiliki sekitar 20 aplikasi yang berbeda terpasang.

Tapi berapa banyak yang benar-benar kamu gunakan?

Cara termudah untuk membebaskan ruang penyimpanan pada perangkat Android kamu adalah dengan menghapus aplikasi tidak terpakai dengan ukuran terbesar. Untuk mengidentifikasinya, berikut caranya :

  1. Buka pengaturan Android
  2. Pilih Aplikasi
  3. Di tab Download, tekan menu (tiga titik vertikal) di pojok kanan atas
  4. Urutkan aplikasi menurut ukuran
  5. dan hapus aplikasi yang tidak dipakai

Pindahkan file data internal ke memori eksternal android


Kebanyakan smartphone android menjadikan memori internal sebagai tempat aplikasi diinstal, dan folder download juga berada di internal, jika kamu mengalami keyword, coba pindahkan file download yang berada di internal ke eksternal memori SD card, atau kamu bisa memindahkan instalasi aplikasi di internal ke eksternal SD card, berikut caranya:

  1. Buka pengaturan android
  2. Pilih aplikasi
  3. Pilih tab All (semua aplikasi)
  4. pilih aplikasi yang ingin dipindahkan
  5. tap pindahkan ke kartu SD

memori eksternal penuh? kamu bisa backup file kamu ke media penyimpanan cloud

Penyimpanan Android dengan memindahkan ke media cloud

Selain untuk menghemat ruang penyimpanan memori di android, mem-backup file ke media awan juga sekaligus berjaga-jaga jika kalian tidak sengaja menghapus file tersebut di android

berikut ini rekomendasi media penyimpanan cloud dengan performa terbaik dan tentunya gratis:

Cadangkan file media dengan Google Drive


Jika kamu menginstal Google Drive di perangkat (mungkin kamu punya, meskipun kamu tidak mengetahuinya), sangat mudah untuk mengaktifkan backup foto dan video.

Google Drive memungkinkan kamu untuk mengunggah jumlah foto dan video yang tidak terbatas ke media cloud. Untuk mengaktifkan backup Google Drive, ikuti cara manual berikut ini:

  1. Buka ikon Foto Foto Foto
  2. Sentuh menu atau ikon menu menu
  3. Pilih Pengaturan.
  4. Sentuh Auto Backup.
  5. Di pojok kanan atas, ganti tombol ke ON atau OFF.
  6. Setelah mengaktifkan opsi ini, pastikan untuk memeriksa apakah kamu mengaktifkan upload WiFi hanya untuk menghindari kehabisa kuota.

Cara terakhir untuk memperbaiki Tidak Cukup Tersedia Penyimpanan di android:

Uninstal aplikasi Google Play Store


Jangan khawatir, kamu tidak akan menghapus playstore keseluruhan. Tujuannya di sini adalah mengembalikan Google Playstore ke versi sebelumnya untuk menyingkirkan kesalahan atau bug yang mungkin disebabkan oleh pembaruan terbaru.

Untuk kembali ke versi sebelumnya dari aplikasi Google Play Store, lakukan hal berikut:

  1. Buka Pengaturan > Aplikasi
  2. Cari dan pilih Google Play Store
  3. Tekan Uninstall Updates (Ini mungkin berbeda untuk Android versi lawas, namun kamu akan melihat tombol di suatu tempat di laman setelan aplikasi yang memungkinkan kamu mencopot pemasangan pembaruan Google Play Store.)

Setelah kembali ke versi pabrik Google Play Store, buka aplikasi dan coba unduh aplikasi yang kamu inginkan. Jika kamu mendapat notifikasi pesan agar kamu memperbarui ke versi Google Play Store terbaru, lakukan ini dengan mengikuti semua petunjuk yang ditampilkan di layar kamu.

Kesimpulan


Untuk menghamat ruang memori penyimpanan pada perangkat Android, lakukan ini: Periksa apakah kamu benar-benar masih memiliki cukup ruang pada kartu SD kamu, Uninstall aplikasi yang tidak terpakai yang besar, Upload gambar dan video kamu ke cloud. Pindahkan aplikasia tau file ke penyimpanan eksternal SD card.
Please write your comments