Mengatasi Error GPS Smartphone Android - Arlina Tech

Mengatasi Error GPS Smartphone Android

Mengatasi Error GPS Smartphone Android

Global Positioning System atau lebih dikenal dengan GPS merupakan sistem navigasi berbasis satelit yang kini digunakan pada berbagai perangkat, mulai dari mobil, tablet, smartphone, kapal, motor, dan masih banyak lagi.

Mengatasi Error GPS Smartphone Android

Dengan hadirnya GPS ini memudahkan penggunanya untuk dapat mencari lokasi yang dituju. Bahkan dengan hadirnya GPS pun penggunanya dapat melihat lokasi sedang berada lengkap dengan informasi rute arah untuk menuju tempat yang sedang dituju.

Berbagai aplikasi peta populer di smartphone Android, seperti Google Maps, HERE Maps, maupun Waze pun memanfaatkan GPS untuk bisa memandu penggunanya dalam menentukan rute dan arah menuju lokasi yang dituju.

Dengan kata lain, kini GPS sangat membantu pengguna tablet, smartphone, maupun perangkat lain dalam menentukan arah secara tepat. Bahkan aplikasi seperti Google Maps, Waze, maupun HERE Maps mampu memberikan informasi kemacetan, jarak, hingga estimasi waktu menuju lokasi yang dituju.

Namun biasanya hal yang paling menjengkelkan ketika GPS Freeze atau tidak bergerak sama sekali ketika sedang dibutuhkan kita untuk membaca peta tujuan menuju lokasi yang ditentukan. Selain karena faktor hardware, biasanya sistem operasi juga menentukan kemampuan GPS.

Biasanya apabila chipset yang hadir dalam smartphone dengan harga murah akan memiliki GPS yang sedikit suka error, bahkan suka salah koordinat. Sementara itu, biasanya update sistem operasi yang membawa bug pun bisa menjadi alasan mengenai GPS error atau tidak berfungsi. Untuk mengatasi hal tersebut, mungkin solusi di bawah ini dapat membantu dalam mengatasi permasalah GPS ini.

Restart informasi atau pengaturan lokasi


Kamu dapat membuka aplikasi atau menu Settings > selanjutnya pilih menu Advanced Settings > kemudian pilih Location Access > pada Location Mode, kamu dapat mematikan Access my Location dan mengaktifkannya kembali. Sebagai catatan, kamu dapat memilih Use GPS, WiFi, and mobile networks pada Location Mode untuk mendapatkan GPS yang akurat.

Selain itu, kamu juga dapat membuka menu notifikasi dengan menggeser dari bagian atas layar ke bawah. Selanjutnya, kamu dapat mematikan ikon Location Informasi dan mengaktifkannya kembali.

Hapus Cache dan Data aplikasi peta


Pertama, kamu dapat mengakses menu Settings > kemudian kamu dapat memilih menu Apps > selanjutnya kamu dapat memilih aplikasi peta yang sering digunakan (Google Maps, Here Maps, Waze, dan lainnya) > selanjutnya kamu dapat memilih menu Storage > kemudian kamu dapat langsung menekan tombol Clear Cache dan Clear Data untuk membersihkan informasi yang error.

Uninstall Aplikasi dan Pasang Kembali


Apabila menghapus cache maupun data tidak berhasil maka kamu dapat melakukan proses uninstall atau penghapusan aplikasi peta (Google Maps, Here Maps, Waze, dan lainnya). Apabila sudah terhapus maka kamu dapat mengunduh dan menginstalnya kembali dari Google Play Store ke smartphone.
Please write your comments