Mengatasi Memori Internal Samsung Galaxy J2 Prime - Arlina Tech

Mengatasi Memori Internal Samsung Galaxy J2 Prime

Mengatasi Memori Internal Samsung Galaxy J2 Prime

Samsung Galaxy J2 Prime merupakan smartphone entry-level buatan Samsung yang hadir secara resmi di Indonesia dengan harga terjangkau. Untuk saat ini, harga resmi Galaxy J2 Prime di Indonesia mencapai Rp 1,5 juta.

Mengatasi Memori Internal Samsung Galaxy J2 Prime

Dari sektor hardware, smartphone yang satu ini telah dibekali dengan chipset Mediatek MT6737T Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 1,5 GB, dan storage internal 8 GB yang dapat ditambhakan microSD hingga 256 GB.

Untuk layarnya sendiri memiliki lebar 5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel dan berteknologi PLS TFT. Sementara kamera belakangnya memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.2, autofocus, dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan baik.

Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2 dan LED Flash yang cukup lumayan dalam mengakomodasi foto selfie maupun wefie. Tak ketinggalan, baterai berkapasitas 2.600 mAh, WIFi, Bluetooth, dukungan jaringan 4G-LTE, FM Radio, port microUSB 2.0, port jack audio 3,5mm, dan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow telah hadir di dalamnya.

Apabila kita perhatikan memang Samsung Galaxy J2 Prime sedikit mahal dengan harga dan spesifikasi hardware ditawarkan. Bayangkan saja kompetitiornya mampu menawarkan smartphone dengan harga Rp 999.000, namun memiliki Snapdragon 425, RAM 2 GB, dan storage internal 16 GB.

Kembali ke permasalahan awal mengenai smartphone Samsung Galaxy J2 Prime yang cepat penuh. Hal ini disebabkan karena memori internal yang dimiliki smartphone ini hanya 8 GB, dimana sistem operasi biasanya membutuhkan storage minimal mencapai 4 GB.

Tentu saja membuat Samsung Galaxy J2 Prime hanya bisa menggunakan memori internal 4 GB untuk menginstal aplikasi, menyimpan foto, file, video, maupun musik. Apabila aplikasi zaman sekarang membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar sehingga akan membuat memori internal Samsung Galaxy J2 Prime cepat habis.

Solusi


Untuk mengatasi permasalah memori internal Samsung Galaxy J2 Prime yang cepat habis, maka kamu dapat menggunakan microSD dengan kapasitas 16 GB hingga 64 GB untuk menyimpan musik, file, maupun video.

Usahakan microSD tersebut minimal Class 10 agar bisa membaca data dengan cepat. Selain itu, data aplikasi jejaring sosial pun dapat ditargetkan untuk disimpan di microSD agar memori internal Samsung Galaxy J2 Prime tidak cepat penuh.

Namun apabila tidak ingin menggunakan microSD maka kamu dapat memindahkan foto, video, musik, dan file lainnya dari Samsung Galaxy J2 Prime ke laptop, Mac, atau PC secara berkala agar memori internal tidak cepat penuh.
Please write your comments