Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas - Arlina Tech

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Smartphone android sama halnya seperti komputer, mempunyai komponen CPU, GPU, RAM, Input dan output, hanya saja dalam bentuk mobile. Namun, ada hal sederhana yang membedakan komputer dengan smartphone, yaitu cara pembuangan panas dari kerja hardware.

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas

Kalau dikomputer bisa menggunakan fan atau kipas, namun tidak di smartphone android. Inilah yang menjadi kendala kenapa HP Android cepat panas saat digunakan. Entah hanya digunakan untuk sosial media, bermain game, atau lainnya.

Selain dipengaruhi oleh desain dan beberapa hardware SoC Android, penyebab Android cepat panas juga bisa disebabkan oleh perilaku penggunanya, apa saja itu?

akan kita bahas secara lengkap mengenai penyebab smartphone panas, apa yang menyebabkan dan apa solusi mengatasi android cepat panas.

Penyebab HP Android cepat panas


Seperti yang sudah disinggung diatas, penyebab Android cepat panas dibeberapa kasus memang disebabkan oleh hardware Android tersebut. Tidak melulu menyalahkan HP Android dengan harga murah, android dengan harga menengah keatas pun banyak yang mengalami cepat panas.

Jika kalian bermain game atau melakukan kegiatan yang membutuhkan kerja keras dari GPU atau CPU HP, karena kedua komponen ini berada dalam satu Chip disebut system on chip (SoC). Maka akan mengakibatkan komponen panas, karena mengambil daya baterai lebih banyak.

Smartphone android menjadi terasa hangat bukan masalah besar, karena memang sudah di desain seperti itu. Namun, jika sudah terasa cepat panas, kalian wajib memperhatikan apa penyebanya.

Seri CPU Snapdragon yang Menyebabkan HP Cepat Panas


Secara umum, CPU atau SoC pada smartphone android sudah didesain dengan sebaik mungkin dan dioptimalkan performanya, dan kejadian HP android cepat panas jarang ditemui.

Pabrikan SoC saat ini pun sudah didesain agar mampu menangani panas berlebih. Jadi saat HP android mendekati batas panas, CPU akan menguragi kecepatan kerjanya, dan dibeberapa kasus akan menampilkan notifikasi agar mendinginkannya sebelum digunakan lagi.

Salah satu contoh buruknya optimasi hardware, yaitu Snapdragon 810. Merupakan SoC Flagship pada tahun 2015, yang sejak awal dirumorkan mengalami masalah cepat panas

SoC ini mempercepat kecepatan pemrosesan untuk mengantisipasi panas berlebih, namun menyebabkan kinerja Android lebih lambat.

Hati-hati HP Cepat Panas, Lama-lama Bisa Merusak HP


Hati-hati HP Cepat Panas, Lama-lama Bisa Merusak HP

Tidak hanya menggangu saat dipegang tangan, HP yang cepat panas juga bisa mengurangi umur komponen HP kalian, apa saja komponen yang bisa rusak? Simak dibawah ini.

Baterai HP Cepat Rusak atau Bocor


Smartphone Android yang menggunakan Baterai jenis Lithium ion (Li-ion), sering kali mengalami bocor atau rusak, hal ini tidak lain disebakan karena panas pada HP.

Walaupun baterai Li-ion memiliki tingkat kepadatan energi yang lebih tinggi dibanding baterai Li-Po.

Baterai jenis ini mempunyai kelemahan sensitif terhadap panas, membuat cell baterai teroksidasi dan menyusutkan kapasitas daya, bahkan memperpendek umur baterai

Soc Rusak hingga HP Mati


Walaupun jarang terjadi, namun jika HP panas terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan fisik pada chip HP. Akibatnya, HP mati tiba-tiba dan tidak bisa dinyalakan kembali.

Solusi Ampuh Mengatasi HP yang Cepat Panas


1. Hindari mengecas HP semalaman


Kita semua pernah ngelakuinnya, biar pagi baterai HP sudah Penuh. Namun, seperti yang sudah dijelaskan diatas, panas merupakan musuh utama baterai jenis Lithium ion.

Jadi untuk menghindari panas berlebih, usahakan mengecas HP tanpa case pelindung dan taruh di tempat keras yang menyerap panas, hindari menaruhnya di sofa atau Kasur.

2. Hindari dari Panas Matahari


Selain disebakan oleh HP itu sendiri, panas juga bisa disebabkan dari lingkungan sekitar. Misalnya menggunakan HP terlalu lama di siang hari bolong.

Selain itu, menggunakan HP di bawah sinar matahari juga mengharuskan kita meningkatkan kecerahan layar (brightness), yang berdampak panas berlebih pada baterai.

3. Jangan Bermain Game Saat sedang mengecas HP


Menggunakan HP ketika dicas memang tidak apa-apa, itu jika hanya sebatas chatingan, sosmed, dll yang tidak membutuhkan kinerja keras HP.

Namun jika digunakan untuk bermain Game, CPU maupun GPU akan bekerja keras membuat panas, ditambah sedang mengecas, dampaknya panas berlebih pada HP

4. Mengelola aplikasi yang menguras baterai


Untuk mengatasi HP yang cepat panas, pastikan kalian menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan. Seperti gunakan GPS hanya saat dibutuhkan, matikan Bluetooth atau wifi saat tidak digunakan, dan jangan terlalu lama menonton film atau youtube.

5. Jangan menggunakan Charger KW atau berbeda amper


Penyebab panas juga sering dikarenakan mengecas menggunakan Charger KW. Umumnya Charger KW atau palsu menggunakan komponen murah dan dibawah spesifikasi, dan charger dengan berbeda input amper juga bisa menyebabkan HP cepat panas

6. Dinginkan HP Ketika Bermain Game terlalu Lama


Bermain game sebentar saja sudah bikin HP panas, apalagi terlalu lama. Tapi tenang tidak perlu AFK atau keluar dari Game untuk mendinginkan HP.

Triknya mudah dan sederhana, anda hanya perlu melepas case, dan meletakan HP diatas lantai atau meja kaca untuk sementara.

Demikian postingan mengenai penyebab dan cara mengatasi HP android cepat panas, dapat disimpulkan selain menggangu ketika di gengam, HP yang cepat panas juga berpotensi merusak HP. Semua tips diatas dapat bermanfaat. Terima kasih.
Please write your comments